Makalah Kunjungan Industri PT. TELKOM TEGAL

17.24 by
LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
Telekomunikasi Indonesia Tbk. PT - Plasa Telkom Tegal




DISUSUN OLEH :
NAMA : GIOVIN AJI SAPUTRA

NIM : 13.15.0772




KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri di PT - Plasa Telkom Tegal  dan STO Telkom Tegal ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Adapun penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan Industri, buku – buku pedoman, serta data-data dan keterangan dari pembimbing. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak,
          Akhirnya, kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan. Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.




DAFTAR ISI
Kata Pengantar ...............................................................................................................   2
Daftar Isi ........................................................................................................................   3
Bab I Pendahuluan ...........................................................................................................  4
1.1.Latar Belakang .................................................................................................. 4
1.2. Tujuan Kegiatan Industri .................................................................................   4
1.3. Manfaat Kunjungan Industri ...........................................................................   4
Bab II Pembahasan ........................................................................................................... 6
2.1. Pelaksanaan Kunjungan Industri ..................................................................... 6
2.2. Rundown Acara Kunjungan Industri .............................................................. 6
2.3. Materi Kunjungan Industri .............................................................................. 6
2.3.1. Pengenalan Tentang INDIHOME ......................................................... 6
2.3.2. Visi Dan Misi PT.Telkom ....................................................................... 7
2.3.2.1. Visi PT.Telkom .......................................................................... 7
2.3.2.2. Misi PT.Telkom ......................................................................... 7
2.3.3. Macam-macam paket INDIHOME ....................................................... 8
2.3.4. Pengenalan Telkomsel ............................................................................ 9
2.3.4.1. Sejarah Singkat Telkomsel ...................................................... 9
2.3.4.2. Produk Telkomsel .................................................................. 10
2.4. Dokumentasi .................................................................................................. 11
Bab III Penutup .............................................................................................................. 15
3.1. Kesimpulan .................................................................................................... 15
3.2. Saran .............................................................................................................. 15




BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar  Belakang
 Latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu mahasiswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja , mesin – mesin industri yang lebih memadai, dll. Mahasiswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.
Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.
Kegiatan seperti ini patut menjadi contoh bagi kalangan siswa dan guru-guru yang lainnya. Agar para siswanya memperoleh pengetahuan yang lebih dan mempunyai motivasi untuk belajar dan bekerja dengan semaksimal mungkin dan agar mempunyai inspirasi untuk kehidupan yang akan dating.
1.2.Tujuan Kegiatan Kunjungan Industri
Tujuan kegiatan kunjungan industri adalah sebagai berikut :
·         Memberikan motivasi baru kepada Mahasiswa terutama dalam belajar
·         Mengetahui dan melihat alat – alat canggih pada industri tersebut.
·         Melihat secara langsung proses produksi dari awal hingga akhir.
·         Untuk belajar ( tidak hanya tau teknik tapi juga praktik dan cara pemasaranya).
·         Sebagai wawasan informasi serta memperbanyak pengetahuan.
1.3.Manfaat Kunjungan Industri
           Bagi Mahasiswa
·         Dapat mengetahui kedisiplinan dan tata tertib yang tegas pada dunia kerja.
·         Melihat cara kerja, dan berbagai macam alat – alat produksi yang sudah cukup modern
·         Mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri.
·         Mengetahui cara pekerjaan sebagai teknisi di PT. TELKOM Tegal
Bagi Kampus
·         Memperlakukan tata tertib yang tegas bagi mahasiswa
·         Sekolah dapat mengajak mahasiswa belajar secara langsung dilapangan
Bagi Industri
·         Dapat berbagi ilmu dengan siswa
·         Mengajak dan memperlihatkan proses produksi bagi siswa maupun guru
·         Memperkenalkan sejarah singkat berdirinya industri kepada siswa
·         Memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat luas.




BAB II
PEMBAHASAN


2.1. PELAKSANAAN KUNJUNGAN INDUSTRI
            TANGGAL    : 22 NOVEMBER 2016
            JAM                : 8 PAGI SAMPAI 12 SIANG
2.2. RUNDOWN ACARA KUNJUNGAN INDUSTRI
            08.00-08.30 = Berangkat dari kampus menuju PT. TELKOM TEGAL.
            08.30-11.30 = Seminar di PT.TELKOM .
            11.30-12.00 = Istirahat .
            12.15-12.30 = Perjalanan ke STO TELKOM TEGAL
            12.30-13.30 =  Mengenal alat-alat di dalam PT. TELKOM TEGAL
            13.30-13.45 = Pulang ke kampus BSI Tegal.
2.3. MATERI KUNJUNGAN INDUSTRI
2.3.1 Pengenalan Tentang INDIHOME
IndiHome merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet, Phone (Telepon Rumah), dan IPTV (UseeTV Cable) beserta beberapa fitur tambahan seperti IndiHome View, MelOn dan Trend Micro Security System.
     INTERNET ON FIBER ATAU HIGH SPEED INTERNET
Layanan Internet berkecepatan tinggi menggunakan FIBER optik dari telkom Indonesia yang memiliki keunggulan :
·         LEBIH CEPAT
Fiber optik mampu mentransfer data (bandwidth) data hingga ratusan Mbps (jauh lebih cepat dibandingkan kabel coax atau copper).
·         LEBIH STABIL
Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil dibandingkan coax atau copper pada saat dilakukan sharing (akses internet secara bersamaan).


·         LEBIH HANDAL
Fiber optik lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektormagnet dibandingkan kabel coax atau copper. Sehingga komputer anda menjadi lebih aman.
·         LEBIH CANGGIH
Fiber optik merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.
2.3.2. VISI DAN MISI PT. TELKOM
2.3.2.1. Visi PT. TELKOM
Adapun Visi PT. TELKOM yaitu:
a)      “ To become a leading InfoCom player in the region”, maksudya adalah:
b)      PT. TELKOM Indonesia, Tbk berusaha untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
c)      2. To be dominant infoCom player in the region and having strong brand equit artinya menjadi penyedia layanan infocom yang paling dominant di Sumatera dan menjadi atau penyampai brand di bidang jasa Telekomunikasi.
2.3.2.2. Misi TELKOM
Adapun Misi PT.TELKOM yaitu :
a)      PT. TELKOM Indonesia, Tbk berupaya memberikan pelayanan One Stop InfoCom yang berkualitas tinggi dengan menetapkan system management modern yang dominan pada kepuasan para pelanggan dengan harga yang kompetitif.
b)      TELKOM Indonesia, Tbk memberikan layanan yang terbaik dengan mengoptimalkan SDM yang unggul melalui manajemen modern (TQM) dan melakukan setiap kegiatan dengan teknologi yang bersifat komputerisasi.
c)      Melakukan kerjasama dengan Share Holder (pemegang saham) yang saling menguntungkan secara Win-win solution melalui Business partner yang sinergi.
2.3.3. Macam-macam paket dari INDIHOME
·         USEETV CABLE
Layanan Televisi interaktif dan personalized berteknologi internet protocol yang dilengkapi fitur-fitur unggulan seperti :
a.       TV ON Demand
b.      Video On Demand
c.       Pause & Rewind
d.      Video Recorder
·         TELEPON RUMAH
Layanan komunikasi telepon dengan keunggulan biaya yang lebih murah dan kualitas suara yang jernih. Paket Telepon Rumah IndiHome menawarkan GRATIS nelpon 1000 menit lokal atau Interlokal.
·         INDIHOME VIEW
IndiHome view merupakan layanan inovatif untuk menikmati live camera dimana pengguna dapat menggunakan live access dan recorded video dengan proses instalasi yang sangat mudah menggunakan plug & play IP-Cam melalui gadget (Android maupun IOS). 
·         MELON
Melon Indonesia adalah portal musik digital yang menyediakan kontent musik dari berbagai genre, baik musik lokal maupun mancanegara. Kunjungi www.melon.co.id untuk informasi menarik seputar lagu favorit anda.
·         TREND MICRO
Layanan Internet Security dari telkom untuk pelanggan Internet IndiHome dengan aplikasi Trend Micro sebagai platform. Komputer anda akan terlindung dari serangan virus, malware, spyware, spam, phising dan kontent yang tidak layak dari Internet sehingga data dan sistem aplikasi terbatas dari gangguan tersebut.
2.3.4. PENGENALAN TELKOMSEL
   2.3.4.1. Sejarah Singkat Telkomsel
Pada tahun 1993 PT Telkom mulai merambah teknologi nirkabel GSM, di tahun selanjutnya, pada 1994 PT Satelit Palapa Indonesia operator jaringan GSM pertama di Indonesia yang mengeluarkan kartu SIM muncul.[1]. PT Telkomsel kemudian didirikan bersama Indosat pada tahun 1995 dan meluncurkan kartu Halo. Telkomsel menjadi operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 139,3 juta pelanggan per 31 Desember 2014 dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007.[butuh rujukan] Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007. Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta pengembangan jaringan Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel mengembangkan jaringan broadband di 100 kota besar di Indonesia.

2.3.4.2. Produk Telkomsel
Saat ini, Telkomsel mempunyai beberapa produk, yaitu:
·         Kartu Halo
·         Simpati
·         Kartu As
·         Kartu As Flexi merupakan gabungan dari operator prabayar Flexi yang akan ditutup dan semua pelanggan prabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini.
·         Kartu Halo Flexi merupakan gabungan dari operator pascabayar Flexi yang akan ditutup dan semua pelanggan pascabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini.
·         Telkomsel Flash
·         Kartu Facebook
·         Simpati LOOP
·         Kartu LOOP




2.4. DOKUMENTASI












BAB 3
PENUTUP
3.1.  KESIMPULAN
·         Produksi PT. TELKOM sukses makmur dalam proses jaringannya sudah memenuhi standar.
·         Semua alat-alat PT.TELKOM di jaga oleh lapisan masyarakat pekerja di TELKOM.
·         Sarana yang disediakan oleh perusahaan kepada karyawan sudah memadai.
Kelestarian lingkungan sangat dijaga terutama dikawasan industri.
3.2. SARAN
·         Alangkah baiknya jika perusahaan sebesar PT. Telkom memiliki divisi humas yang sudah state of being di setiap anak perusahaannya. Karena dalam suatu perusahaan besar humas sudah seperti nafas bagi perusahaan itu sendiri.
·         Sebagai perusahaan yang besar tentu saja PT. Telkom merupakan perusahaan yang banyak diincar oleh pelajar dan mahasiswa untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan dan melakukan penelitian.

·         Dan kepada mahasiswa selama menjalankan Praktek Kerja Lapangan agar bersikap ramah dan menjaga perilaku seperti tidak terlambat datang ke kantor, menjalankan peraturan yang berlaku di lingkungan kerja, menghormati pimpinan dan pembimbing Praktek Kerja Lapangan, menghargai para pegawai yang ada.



1 komentar:

  1. New Games on the New Casino Site - ChoGocasino
    Find all new games at ChoGocasino ✓ Get ready for some exciting 메리트 카지노 고객센터 new games! 인카지노 ☝️ Enjoy our Welcome Bonus ➤ Enjoy 카지노사이트 your first deposit ✓ Free Spins ⚡

    BalasHapus